Najiskah Keputihan?
Keputihan bisa jadi masalah perempuan yang mengganggu/ilustrasi

Najiskah Keputihan?

12/08/2017 - 20:09

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dalam istilah fikih, keputihan yang dialami kaum wanita disebut ifrazat, yaitu lendir atau cairan yang keluar dari organ reproduksi wanita selain madzi atau mani. Para ulama dari berbagai mazhab memang berbeda pendapat soal status dari cairan tersebut. Hal ini juga berujung pada perbedaan hukum fikihnya. Apakah jika ifrazat tersebut keluar bisa membatalkan wudhu? Serta hukum-hukum lainnya.

Beberapa kalangan mazhab Syafi'iyah dan Hanabilah mengatakan, ifrazat termasuk kepada golongan najis. Hal ini diterangkan ulama Syafi'iyah, asy-Syairazi dalam kitab al-Muhadzab dan kitab at-Tahbihdan, serta ulama mazhab Hanbali, Qadhi Abu Ya'la. Menurut Abu Ya'la, cairan keputihan dekat kiasannya dengan madzi sedangkan madzi sendiri hukumnya najis.

Sementara... http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/fatwa/17/08/12/oukpwh313-najiskah-keputihan

selengkapnya...
Hati-Hati Kalau Ngambek
Muslimah (ilustrasi)

Hati-Hati Kalau Ngambek

17/08/2017 - 23:31
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia hidup membutuhkan orang lain. Dalam berhubungan dengan orang lain tersebut, masalah sebagai sebuah konsekuensi hubungan datang silih berganti. Entah dengan kawan, orang tua, atau pasangan, masalah akan terus menguji manusia. http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/fatwa/17/08/17/ouu0b9313-hatihati-kalau-ngambek
selengkapnya...