HABIS JK TERBITLAH SANDI “Potret Regenerasi Saudagar Di Pilpres 2019”

HABIS JK TERBITLAH SANDI “Potret Regenerasi Saudagar Di Pilpres 2019”

10/08/2018 - 07:03

Oleh: Farhan Syuhada (Dosen Universitas Muhammadiyah Kupang)

Demokrasi langsung di Indonesia yang bergulir usai reformasi 1998 berkonsekuensi pada pembiayaan politik yang sangat tinggi. Fakta inilah yang membuat para saudagar seperti mendapatkan ‘karpet merah’ untuk terlibat langsung dalam percaturan politik nasional.

Hal ini karena partai-partai politik membutuhkan dana yang tidak terbatas agar tetap eksis. Kebutuhan akan pembiayaan mesin partai bisa terjawab oleh solusi yang langsung diberikan dari para saudagar dengan sumber dana segar yang tidak terbatas.

Dari banyaknya saudagar yang langsung terlibat dalam politik praktis, muncullah figur Jusuf Kalla sebagai simbol di panggung politik nasional dengan tampil sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun... http://www.visioner.id/opini/15243/habis-jk-terbitlah-sandi-potret-regenerasi-saudagar-di-pilpres-2019.html

selengkapnya...

Optimasi Media Center untuk Memenangkan Kampanye Pilkada 2018

20/03/2017 - 07:27
Oleh : Budi Purnomo Karjodihardjo

SAAT ini adalah momentum yang sangat krisial bagi para Tim Sukses Calon Gubernur /Calon Bupati yang akan mengikuti kontestasi dalam Pilkada 2018 di berbagai daerah di seluruh pelosok tanah air.

Waktu setahun bisa terasa pendek untuk melakukan kondolidasi, sosialisasi dan kampanye bagi para  kandidat. Namun, jika salah mengambil skala prioritas dalam pola kerja Timses, bisa jadi membawa dampak buruk dalam hasil...
selengkapnya...